Anda Pengunjung ke : Counter Powered by  Users Counter

Senin, 05 April 2010

Kinerja Processor


Processor merupakan otak komputer secara keseluruhan, karena baik atau buruknya kinerja komputer tergantung dari pemilihan Processor yang pas dan baik. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar namun juga tidak juga salah, karena penggunaan processor yang tepat sangat mempengaruhi komputer secara keseluruhan. Tetapi perlu diketahui, bahwa processor bukan faktor penting yang akan menentukan kinerja komputer baik atau tidaknya secara keseluruhan, karena banyak juga faktor lain yang menentukan kinerja dari komputer, seperti pemilihan motherboard yang sesuai dengan keinginan komputer user. Karena motherboard adalah induk atau tempat bersatunya semua komponen2 penting pada PC. Oleh karena itu harus diperhatikan juga bahwa pemilihan motherboard yang pantas, sangat menentukan secara keseluruhan komponen yang ada pada PC akan berjalan dengan baik.
Sebagai saran pilihlah Motherboard yang sudah mendukung processor yang akan digunakan, pilihlah motherboard terbaru yang sudah menyertai fitur2 terbaru, sehingga cocok dengan PC anda. Jika user adalah seorang Gamer, pilihlah Board yang mendukung AGP Port, sebagai contoh penggunaan VGA dengan basis Direct X9 atau 10, yang pas untuk PC Gaming.
Selain pemilihan Motherboard yang pas, pemilihan jenis memory yang sesuai juga sangat menentukan kualitas dari komputer. Sebaiknya gunakan memory yang memiliki bandwidth yang besar, sehingga bisa mengimbangi dengan processor yang memiliki kecepatan tinggi. Sebagai contoh memory untuk PC anda yang cukup memenuhi syarat ialah gunakan memory dengan jenis DDR-SDRAM, ataupun DDR 2. Kedua jenis memory tersebut memiliki bandwidth yang cukup besar. Kapasitas dari memory juga harus menjadi perhatian selain jenisnya, untuk kapasitas hendaknya sesuaikan dengan kebutuhan PC user. Jika user menggunakan Windows XP/2003 Server, minimal kapasitas memory ialah 256 MB, namun jika user ingin kinerja komputer lebih cepat gunakan 512 MB. Untuk pengguna Windows Vista atau Windows 7 agar komputer dapat berjalan dengan stabil hendaknya gunakan memory dengan kapasitas minimal 1GB, karena kedua OS tersebut cukup banyak memakan resource pada komputer.
Harddisk juga merupakan faktor penentu dari kinerja PC, penggunaan kapasitas harddisk yang pas dan kecepatan putaran piringan harddisk sangat menentukan PC dapat berjalan dengan lancar. Kapasitas harddisk sangat bermacam-macam, tergantung kebutuhan setiap user. Mulai dari 128 MB sampai 320 GB, namun yang sangat perlu diperhatikan ialah kecepatan putaran harddisk. Ada 2 jenis keepatan putaran harddisk yaitu, 5200 RPM, dan 7200 RPM. Bagi user yang menggunakan PC untuk keperluan rumah dan kantor disarankan memakai yang 5200 RPM, kinerjanya terbilang bagus, dan tidak memakan emisi panas yang berlebihan, jadi PC tidak akan cepat panas untuk pemakaian berjam-jam.
Namun bagi user yang menginkan kinerja dan kecepatan super, apalagi untuk para Programmer dan Gamer gunakan yang 7200 RPM yang memiliki kecepatan tinggi dan loading data lebih cepat, namun yang harus diperhatikan ialah penggunaan jenis ini memakan panas yang cukup tinggi, sehingga hendaknya PC anda memiliki pendingin ekstra untuk penggunaan yang cukup lama.
Selanjutnya semua terserah pada keingina user, tentu saja PC yang bagus bukan hanya dari harga komponen yang mahal namun kejelian dalam memilih komponen yang sesuai sehingga kinerja PC menjadi baik dan stabil. Ingatlah penggunaan processor dengan harga yang mahal atau spesifikasi yang tinggi tidaklah terlalu penting, karena menurut uji coba pada dasarnya perbedaan kecepatan processor antara satu dengan yang lannya tidaklah berbeda jauh. Untuk itu pandai-pandailah memilih komponen yang baik untuk PC anda.

0 Comments:

Post a Comment